Kamis, 21 November 2019

soal 3

 Pada waktu komputer dinyalakan muncul bunyi beep pendek berulang-ulang maka
terdapat masalah pada pemasangan komponen …
A. RAM.
Pembahasan : Beep pendek berulang-ulang → Power supply rusak, card monitor/RAM tidak terpasang (IBM Bios)
B. VGA Card.
Pembahasan : 1 beep panjang 2 beep pendek → Masalah bagian VGA Card (mono), 1 beep panjang 3 beep pendek → Masalah bagian VGA Ccard (EGA). (IBM Bios)
C. Prosesor.
Pembahasan : 5 beep pendek → Motherboard tidak dapat menjalankan prosessor (AMI Bios)
D. Motherboard.
Pembahasan : 1 beep panjang 1 beep pendek → Masalah Motherboard (IBM Bios)
E. Power Supply.
Pembahasan : Tidak ada beep → Power supply rusak, card monitor/RAM tidak terpasang, Beep terus menerus → Power supply rusak, card monitor/RAM tidak terpasang, Beep pendek berulang-ulang → Power supply rusak, card monitor/RAM tidak terpasang (IBM Bios)
Untuk menghubungkan dua buah jaringan yang berbeda diperlukan alat…
A. Bridge.
Pembahasan : Router merupakan perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda.
B. Repeater.
Pembahasan : Repeater berfungsi untuk memperluas daya jangkau singnal.
C. Gateway.
Pembahasan : Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda.
D. Amplifier.
Pembahasan : Power amplifier adalah penguat akhir bagian sistem tata suara yang berfungsi sebagai penguat sinyal audio yang pada dasarnya merupakan penguat tegangan dan arus dari sinyal audio yang bertujuan untuk menggerakan pengeras suara (loud speaker).
E. Router
Pembahasan : Router merupakan perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda.
Antena yang memancar ke suatu arah dengan sudut tertentu disebut…..
A. Yaggi Super.
Pembahasan : Antena Yagi adalah salah satu jenis antena radio atau televisi yang diciptakan oleh Hidetsugu Yagi. Antena ini bersifat direksional, yaitu menambah gain hanya pada salah satu arahnya. Sisi antena yang berada di belakang reflektor memiliki gain yang lebih kecil daripada di depan direktor.
B. Omni Directional.
Pembahasan : Antena omnidirectional yaitu jenis antena yang memiliki pola pancaran sinyal ke segala arah dengan daya sama.
C. Yaggi Directional.
Pembahasan : Antena Yaggi Directional merupakan antena yang mempunyai pola pemancaran sinyal dengan satu arah tertentu. Antena ini idealnya digunakan sebagai penghubung antar gedung atau untuk daerah (konfigurasi Point to Point) yang mempunyai konfigurasi cakupan area yang kecil seperti pada lorong-lorong yang panjang.
D. Omni Struktural.
Pembahasan : Omni adalah antena pemancar sinyal. sedangkan fungsi antena omni adalah menerima dan memancarkan gelombang elektromagnetik dengan sudut pancaran 360° dan antena Omni dapat di buat dengan sederhana.
E. Sektoral
Pembahasan : Antena Sectoral adalah Antena yang mempunyai gain jauh lebih tinggi dibanding omnidirectional antena di sekitar 10-19 dBi. Yang bekerja pada jarak atau area 6-8 km. Sudut pancaran antena ini adalah 45-180 derajat dan tingkat ketinggian pemasangannya harus diperhatikan agar tidak terdapat kerugian dalam penangkapan sinyal.Pola pancaran yang horisontal kebanyakan memancar ke arah mana antenna ini di arahkan sesuai dengan jangkauan dari derajat pancarannya.

Bagian computer yang digunakan sebagai tempat memasang komponen-komponen input
maupun output adalah :
A. CPU.
Pembahasan : CPU(Central Processing Unit)atau bisa juga di sebut processor merupakan otak pada sistem komputer.processor(prosesor) berfungsi sebagai pemroses dan pengolah data yang selanjutnya dapat menghasilkan suatu informasi yang dibutuhkan.
B. Casing.
Pembahasan : Casing komputer merupakan sebuah rumah berbentuk kotak yang dibutuhkan oleh perangkat-perangkat komputer seperti Processor (CPU), Motherboard, hardisk dan peranti-peranti yang lain. Adapun fungsi dari casing yaitu untuk melindungi komponen Komputer dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja dan melindungi dari benturan-benturan fisik.
C. Soket CPU.
Pembahasan : Untuk menghubungkan antara komponen komputer satu sama lainnya baik itu komponen internal maupun external, maka di dalam sebuah Komputer terdapat port dan Soket yang semuanya terdapat pada sebuah motherboad.
D. Motherboard
Pembahasan : Motherboard adalah Papan utama sebagai tempat dipasangnya komponen-komponen hardware komputer agar bisa saling berinteraksi dan juga sebagai tempat memasang komponen-komponen input
maupun output.
E. Slot Agp.
Pembahasan : Fungsi utama dari Slot AGP ini adalah untuk menyalarkan data dari kartu grafis ke CPU tanpa harus memori utama, dengan demikian proses pengolahan data grafis dapat dipercepat.
Kegagalan dalam pembacaan RAM saat proses POST pada AMIBIOS ditandai suara :
A. Beep 1 x pendek.
Pembahasan : 1 beep pendek → DRAM gagal merefresh
B. Beep 3 x pendek.
Pembahasan : 3 beep pendek → BIOS gagal mengakses memori 64KB pertama
C. Beep 3 x panjang.
Pembahasan : -
D. Beep 2 x pendek
Pembahasan : 2 beep pendek → Sirkuit gagal mengecek keseimbangan DRAM Parity (sistem memori)
E. Beep 2 x panjang.
Pembahasan : -
Platform media social yang sering digambarkan sebagai facebook untuk sekolah adalah pengertian dari …
Edmodo
Pembahasan : Edmodo adalah platform microblogging pribadi yang dikembangkan untuk guru dan siswa, dengan mengutamakan privasi siswa.
Facebook
Pembahasan : Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dan berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat.
Google +
Pembahasan : Google+ atau Google Plus adalah jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc.
Twitter
Pembahasan : Twitter (/ˈtwɪtər/) adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet).
Skype
Pembahasan : Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer).
Apa kepanjangan dari Modem ?
a.      Modulator Demodulator
b.      Modulator Demulator
c.      Modulator Demudolator
d.      Modelator Demoulator
Pembahasan : Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.
Di bawah ini fungsi Google +, kecuali…
a.      Memperbaiki SEO sebuah blog/website
b.     Membingungkan pengguna
c.      Meningkatkan minat pengunjung blog dengan Rich Snippet
d.     Membantu meningkatkan SERP
e.      Meningkatkan kredibilitas
Pembahasan : fungsi Google + : Memperbaiki SEO sebuah blog/website, Meningkatkan minat pengunjung blog dengan Rich Snippet, Membantu meningkatkan SERP, Meningkatkan kredibilitas
9.   Di bawah ini keunggulan Google +, kecuali…
a.      Dapat menambahkan teman tanpa batas
b.     Up date status sampai puas
c.      Membuat grup yang tak terbatas
d.     Telephone gratis
e.      Akses lebih berat
Pembahasan : Melakukan pembatasan pada teman atau sama seperti Friends pada Facebook, melakukan video chatting lewat webcam baik dilakukan dengan satu, dua, atau berapa pun teman yang anda pilih dan Didesain cukup menarik, bisa Upload foto secara automatis termasuk berguna untuk menambahkan komentar lucu, Dapat menambahkan teman tanpa batas, Up date status sampai puas.
10.  Jejaring social yang diluncurkan oleh Google Inc, adalah…
a.      Facebook
Pembahasan : Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dan berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat.
b.     Google +
Pembahasan : Google+ atau Google Plus adalah jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc.
c.      Twitter
Pembahasan : Twitter (/ˈtwɪtər/) adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet).
d.     Edmodo
Pembahasan : Edmodo adalah platform microblogging pribadi yang dikembangkan untuk guru dan siswa, dengan mengutamakan privasi siswa.
Skype
Pembahasan : Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer).
11. Sebuah program aplikasi yang bertugas untuk menerima permintaan paket dan memberinya balasan berupa paket yang di inginkan client disebut….
a. Client
Pembahasan : Client merupakan sebuah computer yang bertugas untuk mengakses permintaan kepada Server.
b. Peer to Peer
Pembahasan : Peer to Peer merupakan sebuah jenis jaringan computer dimana memiliki kedudukan yang sama.
c. Client-Server
Pembahasan : Client-Server merupakan sebuah jenis jaringan computer dimana ada yang menjadi client(pengakses) dan server(pemberi akses).
d. Server
Pembahasan : Server merupakan sebuah program dimana berfungsi untuk melayani permintaan paket dari seorang clien dan membalas peket yang diminta.
 Server yang berfungsi sebagai pemberi akses/pertukaran transfer data antara dua computer adalah….
Mail Server
Pembahasan : Mail Server merupakan sebuah program server yang menangani keluar masuknya mail  dari setiap user.
DHCP Server
Pembahasan : DHCP Server merupakan sebuah program server yang memudahkan pegalokasian alamat IP kepada setiap user dalam suatu jaringan.
FTP Server
Pembahasan : FTP Server merupakan sebuah program server yang dapat memberikan akses/pertukaran transfer file atau data antara dua computer/lebih
d. Web Server
Pembahasan : Web Server merupakan sebuah program server yang melayanai permintaan paket berupa HTTP dari client dan membalasnya dengan sebuah tampilan berupa HTML Page kepada client tersebut.
 Processor Intel Core I7 menggunakan socket processor dengan tipe….
LGA 1156
Pembahasan : LGA 1156 merupakan sebuah socket processor yang bisa digunakan oleh processor seperti Core I3, I5, I7.
LGA 775
Pembahasan : LGA 775 merupakan sebuah socket processor yang dapat digunakan oleh processor seperti Core 2 Duo, Core 2 Quad, Dual Core, dll.
AM2+
Pembahasan : AM2+ merupakan sebuah socket yang dapat digunakan oleh processor AMD yang bersocket AM2 dan AM3.
Socket T
Pembahasan : Socket T merupakan nama lain dari socket LGA 775.
Komponen lisrik yang berfungsi sebagai penyearah arus listrik adalah….
Kapasitor
Pembahasan : Kapasitor merupakan komponen listrik yang berfungsi sebagai penyimpan energy listrik.
Baterai
Pembahasan : Baterai adalah suatu komponen dalam kelistrikan yang berfungsi sebagai sumber daripada listrik tersebut.
Resistor
Pembahasan : Resistor merupakan komponen kelistrikan yang berfungsi sebagai penghambat arus listrik.
d. Dioda
Pembahasan : Dioda merupakan komponen satu alat kelistrikan yang fungsinya sebagai penyearah arus listrik.
Komponen pada sebuah PC yang dapat dilihat, dan diraba oleh panca indera disebut….
a. Firmware
b. Brainware
c. Hardware
d. Software

Pembahasan :
a).Firmware merupakan sebuah program yang ada pada sebuah computer dengan fungsi sebagai penerjemah bahasa computer.
b).Brainware adalah pengguna PC yang menjalankan berbagai program yang ada pada PC tersebut.
c).Hardware merupakan komponen pada sebuah PC yang dapat dilihat, dan diraba oleh panca indera.
d).Software merupakan komponen pada sebuah PC yang hanya bisa dilihat saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tes Tulis UKK 2020

Tes Tulis UKK 2020 soal Memahami Teknologi jaringan komputer Menjelaskan pengetahuan tentang jenis-jenis kabel  Memahami pengetahua...